Rx87FfaVLoY5URK_A_IR7AZoOt8

Selasa, 09 April 2013

DENGAN MERUBAH POLA PIKIR DAN MEMAHAMI TANAMAN KITA BISA MENGATASI KRITING DAUN PADA CABE

Gb1. Tanaman cabe baru berumur kira kira 1 bulan setelah tanam sudah terserang kriting daun dan gejala virus kuning gemini

Gb2. Bermacam macam pestisida dan fungisida kimia di aduk jadi satu untuk mengobati tanaman yang terkena kriting daun,tapi nyatanya kriting daun belum juga bisa teratasi.

Gambar gambar diatas di ambil dari tanaman cabe di daerah sugihwaras bojonegoro. saya sempat  kaget waktu datang di lahan petani tersebut karena melihat berbagai macam pestisida kimia dan fungisida kimia diaduk jadi satu untuk mengobati tanaman cabe yang terserang keriting daun,padahal menurut pengalaman saya mencampur pestisida kimia itu ada aturanya karena misalnya golongan pestisida A kalau di campur dengan golongan B tidak akan efektif dan malah akan menghambur hamburkan uang kita tanpa ada hasil.

Dalam hal mengatasi kriting daun pada cabe menurut pengalaman saya yang notabene saya juga seorang petani,kita harus tau penyebabnya apakah karena serangan trips,tungau atau kutu kebul,dalam tehnik saya,saya mengandalkan pestisida organik untuk mengatasidan mengendalikan trips,tungauataupun kutu kebul,

Untuk memulihkan tanaman cabe yang terkena keriting di samping mengendalikan vektor penyebab kriting kita juga harus memperhatikan nutrisi atau pupuk tanaman karna dengan mengendalikan vektor tanpa menyuplai nutrisi yang tepat tanamn sulit untuk pulih dari keriting.

Jika kita menggunakan pestisida kimia yang berulang ulang untuk mengendalikan vektor penyebab keriting menurut pengalaman saya hal itu justru akan semakin memperparah tanaman.karna efek panas yang di timbulkan dari pestisida kimia,dan selama ini saya menggunakan pestisida organik untuk mengendalikan hama pada tanaman saya karna semakin sering di aplikasikan tanaman kita malah semakin subur..

Dalam hal mengatasi keriting daun tak kalah pentingnya kita juga harus memperatikan pemupukan melalui pengocoran,pupuk kimia yang unsur  nitrogenya tinggi harus di hindari karna pupuk kimia (nitrogen) itu sangat dingin sedingin es,padahal menurut saya tanaman yang terserang keriting akarnya harus di pupuk yang hangat supaya akarnya terangsang untuk berkembang dengan berkembangnya akar maka tunas tunaspun akan ikut berkembang maka saya sarankan menggunakan pupuk organik yang kesanya hangat.

Jadi untuk mengatasi keriting daun pada cabe disamping kita mengendalikan vektor penyebab kering kita juga harus memperhatikan pemupukan  lewat daun dan pengocoran supaya daun yang terkena keriting bisa membuka lagi dan pertumbuhan tanaman cabe kita akan normal kembali..

Merubah pola pikir kita "ngapain beli pestisida mahal kalau kita bisa membuat pestisida organik sendiri dengan biaya yang sangat murah"

Berikut ini gmbar tanamn cabe saya yang hanya menggunakan fungisida dan pestisida organik,





Semoga tulisan saya ini bermanfa'at untuk para petani yang punya semangat kemandirian....

Salam pertanian organik
"Bertani Dengan Kemandirian"

3 komentar:

  1. Lalu solusi nya gimana mas? Maksud saya pupuk organik apa dan pestisida alami apa yg mas pakai dan buat. Thanks.

    BalasHapus
  2. pestisida organik apa bahannya. tolong diperjelas klw buat artikel

    BalasHapus
  3. Smpai saat ini hampir blum dtemukan obat pasto untuk memulihkan daun keriting dn bulai pd tnaman cabe. Kcuali Fenomena yg umum trjdi pd cabe rawit yg mampu memulihkan diri dg sndirinya dr virus keriting. Ini sdh bnyk terjadi trutama setelah tnaman cbe rawit yg kriting mulai mmasuki musim hujan.

    BalasHapus